Ticker

6/recent/ticker-posts

USK Lepas 3.087 Mahasiswa MBKM USK Unggul

Universitas Syiah Kuala (USK) melepas  3.087 mahasiswa untuk mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBMK) USK Unggul Semester Ganjil 2024/2025. Para mahasiswa MBKM ini dilepas oleh Wakil Rektor Bidang Akademik USK Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si di Halaman Gedung KPA USK. (Banda Aceh, 30 Agustus 2024).

Agussabti menyampaikan rasa bangga dan selamat kepada seluruh mahasiswa yang lulus mengikuti MBKM USK Unggul. Di mana kegiatan ini merupakan inisiasi dari USK dalam merespon program MBKM yang dijalankan oleh Kemdikbud Ristek.
 “Selamat kepada seluruh  mahasiswa yang berkesempatan mengikuti kegiatan MBKM USK Unggul, berusaha dan berikan yang terbaik di instansi atau tempat tujuan MBKM,” tuturnya. 

Agussabti berharap mahasiswa dapat memperoleh pengalaman pembelajaran yang bermanfaat di instansi atau tempat MBKM masing-masing. Serta dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di kampus ke tempat/atau instansi penempatan. Selain itu, Agussabti mengingatkan mereka untuk dapat menjaga nama baik diri serta USK selama beriteraksi di lokasi MBKM.

Direktur Direktorat Pendidikan dan Pembelajaran Prof. Dr. Ir. Nasaruddin, S.T., M.Eng melaporkan mahasiswa yang lulus untuk mengikuti kegiatan MBKM sebanyak 3.087 orang dari 3.263 yang mendaftar.
 Mahasiswa tersebut berasal dari 12 fakultas yang ada di USK. MBKM USK Unggul Semester Ganjil 2024/2025 menawarkan beberapa kegiatan seperti Magang bersertifikat, Magang ANRI, Magang BSI, Magang Pegadaian Syariah, Magang PT Pos, Riset, Proyek Desa SIGAP, MBKM Hutan Adat, Pertukaran Mahasiswa Mandiri, Magang Kemenkeu (MBKM SAMAN), MBKM Internasional dan kegiatan MBKM lainnya. 
Magang bersertifikat menjadi kegiatan yang paling diminati dengan jumlah 1.059 mahasiswa mengikuti kegiatan tersebut. 
“Pada semester ini USK juga mengirimkan 75 orang mahasiswa pada kegiatan MBKM ke beberapa perguruan tinggi yang ada di Malaysia, Thailand, Jepang hingga Belanda,” ucapnya. 
Untuk efektivitas kegiatan, ucap Nasaruddin, maka USK dan mitra MBKM menyusun rancangan pembelajaran bersama sehingga kegiatan pembelajaran di luar kampus dapat berjalan efektif dan efisien serta bermanfaat bagi mahasiswa dan mitra MBKM.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Senat, Direktur Direktorat Pendidikan dan Pembelajaran, Dekan Fakultas, Kepala Bagian Pembelajaran MBKM, perwakilan mitra MBKM dari Kementerian Keuangan Wilayah Aceh, Bank BSI, PT Pos Indonesia, PT Pegadaian, ANRI, Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh.

Dilihat