Ticker

6/recent/ticker-posts

BPJS Kesehatan Launching Goes To Pesiar Di Kabupaten Ponorogo


PONOROGO, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Madiun adakan launching program Goes To Pesiar di Kabupaten Ponorogo. Bertempat di Balai Desa Serangan, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo. Kamis (18/7/2024).

Program Pesiar ini merupakan inisiatif strategis dari BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan dan kualitas dan layanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya di Desa. Program ini terdiri dari empat langkah yakni Petakan, Sisir, Advokasi, dan Register.

Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan, Edwin Aristiawan mengatakan tujuan diadakannya program Goes To Pesiar yang ada di Ponorogo ini adalah untuk mengaktifkan agen Pesiar dan melihat bagaimana kesiapan dari agen untuk meningkatkan kepesertaan.

"Kegiatan ini untuk mengaktifkan agen Pesiar dan melihat kesiapan dari agen Pesiar. Kenapa, kita mencoba meningkatkan rekrutmen reputasi peserta untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan," terangnya.

Edwin pun menegaskan maksud dan tujuan dari adanya program Goes To Pesiar yang diadakan oleh BPJS Kesehatan, khususnya di Kabupaten Ponorogo. 

"Intinya adalah upaya kita untuk memberikan jaminan kesehatan ke seluruh penduduk di seluruh negeri. Negara hadir melalui JKN. Yang penting semua gotong royong, mencari pesertanya gotong royong, membayarnya juga gotong royong," ungkap Edwin usai acara berlangsung.

Hal ini juga sangat di apresiasi oleh Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko dengan adanya kerjasama yang terjalin antara BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Daerah Ponorogo. Dimana menurutnya bagi warga yang belum menjadi anggota BPJS Kesehatan itu multi komplain. Dimana mayoritas mereka mau menjadi anggota hanya karena setelah mereka sakit.

"Hal itu multi komplain, ada yang duitnya tidak ada, ada yang belum sadar, belum tahu BPJS itu apa. Yang paling banyak adalah yang tidak faham tentang resiko. Artinya ketika sakit baru teriak Pak nyuwun KIS pak, tapi sudah sakit. Kami siap saja melindungi dan melayani rakyat tapi agak sulit memposisikan diri ketika terjadi saat tidak punya," pungkas Sugiri. 

Sugiri pun berpesan bagi seluruh masyarakat Ponorogo bahwa 'Sadar sehat itu lebih penting dari pada sadar sakit'.

Sebagai tambahan informasi, pada bulan Juni 2024, untuk penambahan anggota BPJS Kesehatan di wilayah Ponorogo adalah sebesar 0,3 persen dari total jumlah penduduk. (Pha)

Dilihat